Home / Berita Partai / Berita Kalsel / Gelar Kader Pramata PDI Perjuangan Kalsel Rangkul Generasi Muda

Gelar Kader Pramata PDI Perjuangan Kalsel Rangkul Generasi Muda

Banjarmasin – Regenerasi para kader muda menjadi fokus DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan yang menggelar Pendidikan Kader Pratama Angkatan ke-1, Selasa (26/10) pagi.

Pendidikan politik yang pertama kali digelar untuk kader muda itu digelar dalam dua sistem, baik daring maupun luring atau tatap muka.

Sebanyak 100 peserta hadir secara fisik yang berasal dari kalangan DPD di tingkat provinsi, dan 350 peserta secara daring dari 7 DPC. Yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Utara, Tanah Laut dan Kotabaru.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan, Muhammad Syaripudin menjelaskan, kegiatan ini merupakan sarana untuk membentuk kader partai yang berjiwa pelopor, “Serta memiliki pemahaman, kemampuan menjabarkan dan melaksanakan ajaran Bung Karno dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.”

Peserta yang ikut pendidikan menurutnya berasal dari fungsionaris DPD, DPC, PAC PDI Perjuangan, para pengurus badan dan sayap organisasi partai serta anggota baru partai.

Dalam pendidikan kader pratama kali ini, para peserta disajikan 6 materi dasar. Yakni Sejarah Partai, Pancasila 1 Juni, Nasionalisme, Marhaenisme, Kapitalisme Bangsa Sendiri, Membangun Dunia Kembali serta Konstitusi dan Tata Kelola Partai.

Kemudian ditambah 3 materi penunjang yang akan disampaikan oleh 3 orang akademisi dari FISIP Universitas Lambung Mangkurat. Salah satunya komunikasi politik yang dibawakan oleh akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat, Taufik Arbain.

Ia menambahkan, pendidikan kader pratama untuk angkatan kedua akan kembali pada bulan depan.

“Sementara pada bulan Desember nanti, kita akan melaksanakan pendidikan politik lanjutan, yaitu Pendidikan Kader Tingkat Madya, dengan pemateri dari DPP,” lanjutnya lagi.

Dirinya juga mengakui jika kegiatan kali ini mayoritas diikuti kader-kader muda. Sekitar 85 persen peserta, baik yang ikut secara daring maupun tatap muka, didominasi wajah-wajah muda yang merupakan kader-kader potensial.

Sumber https://www.sonora.id/read/422960474/didominasi-kalangan-muda-pdip-kalsel-gelar-pendidikan-kader-pratama

About Web Admin

Check Also

DPD PDI Perjuangan Kalsel Gelar Kesadaran Pegiat UMKM Tentang HAKI

 BANJARMASIN – Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sangat penting dan bermanfaat khususnya bagi pelaku usaha dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *