Home / Berita Partai / Berita Cabang / Rayakan HUT dengan Berdialog

Rayakan HUT dengan Berdialog

Suasana acara Focus Group Discussion (10/1/2018)

Banjarmasin– Focus Group Discussion dengan tema “Etika Politik, Politik Beretika” DPD PDI Perjuangan Kalimantan  Selatan dalam rangka HUT PDI Perjuangan Ke 45 Tahun bertempat di Treepark Hotel Banjarmasin (10/1/2018)

PDI perjuangan sebagai partai yang berideologis sangatlah tepat dalam kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara seperti saat ini. Demokrasi yang hanya dimaknai demokrasi Politik dan direduksi sekedar perebuatan jabatan politik, semakin menumbuhsuburkan liberalisasi politik dan semakin memperkuat paham individualisme. Bagi PDI Perjuangan  pilihan untuk menjadi Partai ideologis adalah pilihan ke jalan yang suci. Hal demikian karena sadar betul bahwa sebagai partai ideologis.

Sebagai partai politik yang menjunjung tinggi asas dan nilai Pancasila sebagai suatu sistem filsafat pada hakikatnya merupakan suatu nilai sehingga merupakan suatu nilai sehingga merupakan sumber dari segala penjabaran norma baik norma hukum, norma moral maupun norma kenegaraan lainnya. Dalam Filsafat Pancasila terkandung didalamnya suatu pemikiran-pemikiran yang bersifat kritis, mendasar, rasional, sistematis dan komprehensif  (menyeluruh) dan sistem pemikiran ini merupakan suatu nilai. Oleh karena itu suatu pemikiran filsafat tidak secara langsung menyajikan noram-norma yang merupakan pedoman dalam tindakan atau suatu aspek praksis melainkan suatu nilai-nilai yang bersifat mendasar.

Problematika yang sering muncul di Negara ini sangat sarat dengan penyimpangan norma-norma dan nilai-nilai Pancasila. Penindasan, korupsi dan kriminalitas lainnya muncul diberbagai hirarkisme warga, mulai dari masyarakat biasa hingga para penguasa dan elit politik Indonesia. Sebagian orang berpendapat bahwa keadilan hanya milik orang berkuasa, orang  yang mempunyai banyak uang dan bahkan keadilanpun dalam hal ini pun bisa dibeli. Maka dari itu penting nya sebuah etika dalam dunia politik dan sang politisi pun wajib beretika.

Untuk itu DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan dalam hal ini mengajak para poltisi Kalsel khususnya, para tokoh agama, cendikiawan, para pengamat politik, mahasiswa dan segenap elemen organisasi masyarakat Kalimantan Selatan untuk bergabung dan berdialog bersama di acara FGD ( Focus Group Discussion ) yang dilaksanakan oleh DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan bertempat di Hotel Treepark Banjarmasin (10/1/2018).

Acara ini salah satu rangkaian dalam rangka memperingati ke 45 tahunnya PDI Perjuangan. Acara yang berdurasi kurang lebih 2 jam ini banyak mengundang beberapa tokoh tersohor di Kalsel, baik tokoh politisi, tokoh agama dan cendikiawan.

Para Pemapar Utama FGD

Antara lain seperti  Ir. Iwan Setiawan, M.P (Ketua BAWASLU Kalsel), DR. Samahuddin, S.IP. M.Si (Ketua KPU Kalsel), Taufik Arbain ( ICMI Kalsel), KH, Syarbani Haira ( NU Kalsel ),  Tajuddin Noor ( Ketua Muhammadiyah Kalsel ) sebagai pemapar utama dalam acara FGD tersebut. Dan juga di hadiri pula oleh para anggota-anggota DPRD Provinsi/Kota dari Fraksi serta pengurus DPD dan DPC PDI Perjuangal Kalsel.

Kalimantan Selatan dikenal sebagai masyarakat yang religius dalam bersikap dan beretika, maka dalam hal ini FGD mengungkapkan bahwa masyarakat Kalsel sebagai orang bertata kerama baik, tidak patutlah jika menyimpang dari konsep agama dan bermasyarakat, yakni yang sudah di atur dalam Pancasila sebagai asas beragama sekaligus bersosial.

Pancasila sebagai dasar falsafah bangsa dan Negara yang merupakan satu kesatuan nilai yang tidak dapat dipisah-pisahkan dengan masing-masing silasilanya. Karena jika dilihat satu persatu dari masing-masing sila itu dapat saja ditemukan dalam kehidupan berbangsa yang lainnya. Namun, makna Pancasila terletak pada nilai-nilai dari masing-masing sila sebagai satu kesatuan yang tak bias ditukarbalikan letak dan susunannya. Untuk memahami dan mendalami nilai nilai Pancasila dalam etika berpolitik itu semua terkandung dalam kelima sila Pancasila.

 

 

About Web Admin

Check Also

PERINGATI HARI IBU DENGAN DIALOG PARENTING

BANJARMASIN – DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke 91 tahun, menggelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *