Home / Berita Partai / Berita Kalsel / Corong Aspirasi Atau Konglomerasi

Corong Aspirasi Atau Konglomerasi

 

Suasana Dialog Publik BMI dan TMP Kalsel (10/2/2018)

Banjarmasin- Undang beberapa aliansi kepemudaan pada acara Dialog Publik Banteng Muda Indonesia Kalimantan Selatan dan Taruna Merah Putih Kalimantan Selatan dengan tema ” Corong Aspirasi atau Konglomerasi” dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional  bertempat di sekretariat DPD PDI Perjuangan Kalimatan Selatan (10/2/2018).

Sudah banyak di ketahui bahwa fungsi pers itu sangatlah penting, bukan hanya di kehidupan kita saat ini, akan tetapi keberadaannya sudah banyak membantu dalam pembangunan bangsa dari Era sebelum hari kemerdekaan berlangsung. Ini dapat di kaitkan dengan perkembangan pers yang semakin maju dan berkembang dengan kemasan yang lebih baik di bandingkan dengan zaman dahulu.

Konglomerasi hal yang patut diperhatikan dalam dunia media di Indonesia, yakni dapat menyebabkan satu orang dapat menguasai banyak media muncul, sehingga orang tersebut dapat mengendalikan berbagai media dalam satu waktu, dari kebijakan yang harus dianut, berita mana yang layak di publikasikan, nilai-nilai yang dianut dan sebagainya. Akibatnya jika media yang tergabung dalam satu group tertentu maka berita dan informasi yang disampaikan akan homogen. Selain itu berita yang disampaikah hanya berita yang dianggap menguntungan secara ekonomi. Akhirnya Pers tidak lagi dinilai dari seberapa besar nilai berita yang ada, tetapi berapa banyak keuntungan yang akan didapatkan dari pemuatan berita tersebut. Sebetulnya ini merupakan tanda-tanda bahwa tidak ada regulasi yang mengatur tentang kepemilikan media.

M. Syaripuddin, SE ( Ketua Taruna Merah Putih Kalimantan Selatan)

Disela sambutannya M.Syaripuddin,SE (Ketua TMP Kalsel) mengatakan “Fakta sejarah mengenai peran penting wartawan sebagai aktivis pers dan aktivis politik. Sebagai akivis pers, wartawan bertugas dalam pemberitaan dan penerangan guna membangkitkan kesadaran nasional serta sebagai aktivis politik yang menyulut perlawanan rakyat terhadap kemerdekaan. Peran ganda tersebut tetap dilakukan wartawan hingga setelah proklamasi kemerdekaan, 17 Agustus 1945. Bahkan, pers kemudian mempunyai peran strategis dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan.”

H. Muhaimin, SH, MH, M.Kn (Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan)

Acara yang dibuka resmi oleh H. Muhaimin, SH, MH, M.Kn ini pun banyak mengundang beberapa aliansi kepemudaan  serta OKP di Kalimantan Selatan serta para delegasi BMI dan TMP seluruh Kabupaten/Kota di Kalsel pun tak luput dari kehadiran. “yang sebenarnya pers baik bentuk media massa atau online memegang peran sangat penting dan vital sekali bagi berbagai aspek kehidupan, yakni diantaranya sebagai sarana komunikasi pembangunan , sarana media penyalur berita terkini, dan tak lupa pula pers bisa di jadikan sarana pendidikan dan hiburan. Sehingga sangat wajar pada saat ini telah banyak sekali berbagai lembaga yang di bentuk untuk mendukung keberdaan pers, yang salah satu contohnya adalah badan pers nasional yang akan menjamin hak hak dari setiap insan pers yang mengemban tugas di dalamnya, dan perlindungan tidak hanya di berikan kepada para jurnalis, bahkan si pemberi informasi akan dijaga keamanannya dalam menyampaikan informasi.” Sela sambutan Muhaimin dalam acara tersebut.

Penyerahan Piagam kepada narasumber oleh Syafruddin H Maming (Ketua BMI Kalsel) dan M.Syaripuddin,SE (Ketua TMP Kalsel ) Kepada Toto Fachrudin (Pimred Radar BJM) dan Ratna Sari Dewi (Praktisi Media TVRI)

About Web Admin

Check Also

Rekomendasi Eksternal Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDI Perjuangan

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDI Perjuangan Tahun 2020 menjadi momentum penting bagi Partai untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *